Jenis Digital Marketing dan Pengertian Terbaru yang mungkin anda tidak asing lagi dengan istilah Digital Marketing yang banyak di bicarakan sekarang ini, bukan?. Namun, apa sebenarnya pengertian digital marketing itu, dan apa saja jenis digital marketing yang bermanfaat bagi kesuksesan bisnis Anda.
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing adalah suatu upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui media internet atau online. Pemasaran yang dilakukan dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk untuk meningkatkan brand awareness produk atau jasa, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.
Jenis Digital Marketing
Jenis Digital Marketing 1 – Website
Pengunaan website merupakan sesuatu hal yang masih efektif dilakukan pada saat sekarang ini, Website masih menjadi persyaratan utama dan penting untuk menang dalam persaingan digital. Kami memiliki data bahwa 97% konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui website. Sedangkan 70% dari mereka mencari perbandingan harga dengan produk maupun jasa sejenis. Bahkan 88% nya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review diwebsite terlebih dahulu.
Dapat di katakan bahwa website adalah “toko digital” bagi bisnis Anda yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional. Ada juga yang bilang website adalah “landingpage” dimana tempat untuk mendarat nya traffic.
Peran utama website dalam mengembangkan bisnis digital Anda adalah :
- Profile Bisnis online anda (brand awareness)
- Menunjukkan profesionalisme perusahaan Anda (brand awareness)
- Menjelaskan kepada customer produk atau jasa Anda (Branding)
- Sebagai “Sales Representative” (toko anda tidak akan tutup 7x24jam 360 hari dalam 1 tahun)
- Media penjualan produk atau jasa Anda secara lebih mudah
- Media promosi yang lebih hemat biaya dan lebih efektif
Jenis Digital Marketing 2 – Search Engine Marketing
Apa yang di maksut dengan Search Enggine Marketing adalah segala sesuatu untuk membuat website Anda mudah ditemukan dalam mesin pencari google. Untuk dapat di index hingga berada di halaman pertama mesin pencari google, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan teknik khusus untuk mengoptimasikan nya. Dalam dunia Digital marketing kita memiliki dua cara ya itu organik dan non organik.
Search Engine Marketing pun memiliki dua kategori yaitu kategori organik dan non-organik juga. Untuk mengoptimasi website secara organik biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah bahkan cenderung gratis, namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena peruntukannya sebagai investasi jangka panjang. Dan biasa nya harus di optimasi secara berkala.
Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang non organik alias berbayar otomatis akan jauh lebih cepat untuk membuat website kita berada di posisi teratas google. Untuk Non organik ini google menyediakan tools Google Ads untuk kita pembisnis beriklan didalam Search Engine Google, baik itu Google.com atau google.co.id.
Jenis Digital Marketing 3 – Social Media Marketing
Pengguna sosial media pada saat ini terus meningkat, bukan hanya di gunakan oleh perorangan bahkan perusahaan besar dan kecil sekalipun berlomba-lomba mengunakan sosial media untuk menjangkau target market nya untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi.
Bermunculaan berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dan lain sebagainya, membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, sosial media marketing juga digemari karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.
Pengguna Media sosial seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube Indonesia masuk kedalam 5 besar didunia, bahkan ada kecenderungan para pelangan sekarang ini mencari barang yang mereka butuhkan melalu sosial media. bahkan hanya di indonesia saja instagram dan facebook menjadi ajang jualan di internet.
Selain dapat meningkatkan brand perusahaan, sosial media juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Bahkan di Indonesia muncul media berita di instagram dan sosial media yang lain.
Jenis Digital Marketing 4 – Online Advertising
Biasa nya Online Advertasing ini mengunakan Pay Per Click atau biasa di sebut PCC, Yang dimaksud adalah kita beriklan di internet dengan biaya yang akan di tagihkan kepada kita sesuai dengan jumlah orang klik iklan kita. Bisa dibilang online advertising adalah media promosi atau periklanan melalui internet dengan cara berbayar. Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, Youtube Advertising, dan masih banyak lagi.
Tingkat keberhasilan penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan atau lebih efektif karena Anda dapat mengatur target sesuai dengan konsumen yang anda minati secara spesific dan detail, pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan media promosi luar seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.
Jenis Digital Marketing 5 – Email Marketing
Email Marketing adalah membangun daftar subscriber dari website menuju email biasa disebut “listbuilding”, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjangkau calon pelanggan dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa Anda. Email marketing biasa nya dilakukan juga untuk mefollowup calon pelangan secara masal dan bersamaan.
Dengan Email marketing, Anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkenalkan produk atau jasa Anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan Anda tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan Anda seperti kegiatan maupun berita terbaru.
Jenis Digital Marketing 6 – Video Marketing
Video Marketing adalah Cara yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa Anda, dengan menggunakan video marketing menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat lebih banyak informasi namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat.
Video marketing yang dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya :
- Sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis Anda
- Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya
- Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis Anda
- Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa Anda
Untuk Anda yang baru dan ingin belajar Digital marketing jenis-jenis digital marketing ini yang wajib dipelajari dan di perdalam dengan metode terbaru. Digital marketing sendiri sangat luas dan dalam dan membutuhkan waktu untuk memperdalamin hingga bisa expert.
BACA JUGA : CARA MEMBUAT 4 PILAR KONTEN INSTAGRAM
BACA JUGA : MENINGKATKAN PROFIT PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM
BACA JUGA : 8 TIPS DAN TRIK MENINGKATKAN FOLLOWERS INSTAGRAM