Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram saat ini bukanlah hal yang sulit. Dengan menjangkau Target marketmu secara tepat, kamu dapat meningkatkan profit penjualan Kamu secara drastis!

Media sosial yang satu ini sangat banyak digunakan. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan juga lansia banyak yang memiliki akun instagram. Pada tahun 2018 saja tak kurang dari 53 Juta pengguna terdapat di Indonesia. Tentunya hal ini merupakan potensi yang luar biasa untuk para pebisnis memperkenalkan produknya kepada audiens serta meningkatkan profit penjualan melalui Instagram. Nah buat kamu yang berminat menggunakan instagram sebagai media promosi, sebaiknya kamu perlu melakukan marketing tertarget. Apa sih marketing tertarget itu? Marketing tertarget adalah cara memasarkan jasa atau produk kepada masyarakat yang benar-benar memerlukan jasa atau produk yang akan kita pasarkan.

Bayangkan saja kalau kita memasarkan produk yang mahal pada konsumen yang tinggal di daerah terbelakang. Pastinya, closing akan sulit terjadi dong? Jangankan dibeli, dilirik pun tidak. Dengan melakukan pemasaran tertarget, apa yang kita tawarkan betul-betul menjadi hal yang diperlukan oleh konsumen, sehingga proses closing terjadi. Maka dari itu kamu perlu untuk Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram.

LALU APA YANG BISA KAMU LAKUKAN?

Dengan potensi yang dimiliki Instagram dan pengguna aktif yang angkanya mencapai jutaan, yang pasti menjadi peluang untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Tapi yang pasti, dari sekian banyak target pasar, kamu tentu harus harus memilih siapa target pasar dari produk kita. Lalu gimana ya caranya mencari target market untuk dapat meningkatkan profit penjualan melalui Instagram?

BACA JUGA: 8 TIPS DAN TRIK MENINGKATKAN FOLLOWERS INSTAGRAM

Sayangnya sampai saat ini, Instagram tidak memiliki fitur advanced search seperti yang dimiliki oleh facebook, sehingga kita hanya bisa mencari sesuai kata yang kita input. Eits, tapi jangan kecewa dulu! Dimancy punya beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan  marketing tertarget melalui instagram dengan mudah.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset. Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

RISET YANG DAPAT KAMU LAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN PROFIT PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Teknik pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa produk yang kamu jual. Misalnya saja, kamu adalah seorang penjual peralatan make up. Maka kamu dapat menentukan  target marketingnya adalah para wanita yang sedang berkuliah atau bekerja. Setelah itu, yang dapat kamu lakukan untuk mencari target tersebut adalah dengan mencari hashtag yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram.

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Teknik kedua adalah mengetahui siapa kompetitor yang menjual produk serupa. Kamu bisa mencarinya dengan melakukan search akun di kolom pencarian instagram menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan produk yang kamu dijual. Kalau kamu jualan alat make up, bisa mencarinya dengan kata kunci  alatmakeup, supplier make up, dan kata kunci lain yang berhubungan. Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Meningkatkan profit penjualan melalui Instagram

Teknik ketiga adalah mencari tahu, siapa orang yang berhubungan erat dengan produk kamu. Lalu, kamu juga perlu mengetahui mengenai apa minat mereka. Mereka yang suka menggunakan make up biasanya suka mengikuti akun akun yang membahas mengenai tutorial make up,maka akun publik yang temanya mengenai make uo tutorial bisa dijadikan target yang tepat. Kamu juga harus tahu dimana mereka “berkumpul”, dengan kata lain, kamu tahu komunitas apa yang mereka ikuti. Setelah itu, kamu sudah dapat menargetkan siapa saja yang dapat kamu pasarkan.

Selain teknik-teknik tadi, kamu juga dapat menggunakan beberapa strategi untuk semakin menjangkau target kamu dan meningkatkan profit penjualanmu melalui Instagram.

STRATEGI MENJANGKAU TARGET UNTUK MENINGKATKAN PROFIT MELALUI INSTAGRAM

1. Follow Target Sesuai dengan Niche Produk

Niche produk adalah Jenis produk yang akan kamu jual. Seseorang mungkin memiliki produk herbal, namun ada juga beberapa yang memiliki suplemen, pelangsing, doping, vitamin, tetapi, jika kita spesifikan lagi, pelangsing memiliki bermacam jenis. Misalnya saja harga. Seseorang dapat membeli Herbal Pelangsing, nah di kotak pencarian Instagram kamu ketikkan kata Pelangsing, akan muncul pengguna yang menggunakan kata tersebut dalam namanya dan hashtag yang sering digunakan. Perhatikan jutaan hashtag yang muncul menggunakan kata pelangsing dan banyak user yang menggunakannya, kemudian klik salah satu baris data yang muncul. Maka akan muncul user pada bagian bawah, dan itu merupakan Top Post, maka kamu dapat mem-follow mereka.

2. Follow Follower Target

Setelah menjalankan langkah pertama, kamu sudah mendapatkan user yang sesuai keingingan, biasanya, user tersebut di follow oleh konsumennya sendiri. Nah, kalau kamu jeli, pengguna yang jadi konsumen ini juga merupakan target kita. Kamu bisa lihat Follower dari akun tersebut, nantinya akan muncul seluruh followernya. Terus kamu bisa follow follower akun itu.

Nah guys, itu tadi sekilas tentang cara marketing tertarget menggunakan instagram. Seperti yang udah kamu tau juga nih, potensi yang dimiliki instagram besar banget loh. Dengan memanfaatkan potensi tersebut, kamu bisa menjadikan instagram peluang bagi marketing untuk memasarkan jasa atau produk kamu kepada pelanggan yang tertarget. Jangan lupa, kamu juga harus menciptakan keterkaitan emosional dengan user atau pelanggan di Instagram. Sama seperti media sosial lainnya, semakin kita membina hubungan dengan user lain, maka kemungkinan munculnya posting kita di beranda user juga semakin tinggi. Dengan begitu, otomatis kamu akan meningkatkan profit penjualanmu melalui Instagram!