8 Tips dan Trik Meningkatkan Followers Instagram

8 Tips Meningkatkan Followers Instagram

Tips Meningkatkan Followers Instagram. Media sosial yang awalnya dianggap sebagai aplikasi anak muda ini kini mulai dianggap sebagai salah satu alat promosi yang jitu. Berbagai cara dilakukan untuk menaikkan jumlah followers namun tidak semua cara mampu memberikan hasil yang signifikan. Penggunaan media sosial Instagram sebagai salah satu alat promosi tentu bukanlah tanpa alasan. Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler dimana sekitar 60 juta foto atau gambar yang dibagikan dan 1.6 milyar likes yang diberikan setiap harinya. Selain itu, dalam sebuah riset oleh Forrester Research di tahun 2014 menemukan bahwa pengguna Instagram 58 kali lebih mungkin memberikan likes, berkomentar, atau berbagi foto sebuah merek dibandingkan pengguna Facebook dan 120 kali dibandingkan pengguna Twitter.

Untuk dapat menggunakan Instagram sebagai alat promosi dengan lebih efisien tentu Kamu harus memiliki jumlah followers yang cukup signifikan. Semakin meningkatnya kebutuhan followers, banyak pula yang menggunakan jasa pembelian followers atau menggunakan bots yang biasanya terdiri atas akun palsu. Sebaiknya, ketika kamu menciptakan akun bisnis di Instagram, jangan pernah sekalipun kamu membeli followers atau menggunakan akun bot untuk mengikuti akun Instagram kamu. Selain merusak reputasi,  hal yang kamu lakukan juga sia-sia karena tidak ada engagement yang terbangun ketika kamu membeli followers bot.

Mungkin kalau kamu ingin menggunakan Instagram secara efisien, Kamu tentu menginginkan followers yang menyukai niche Kamu sehingga mereka dapat menjadi pengikut setia brand Kamu.

Kemudian bagaimana cara yang benar untuk menaikkan jumlah followers di Instagram??

1. Perbanyak konten

Cara menambah follower Instagram paling tepat dan aman adalah memperbanyak konten. Kedengarannya terlihat mudah tapi sebenernya ini adalah cara menambah followers dengan proses yang panjang dan melelahkan untuk dijalani. Oleh karena itu, kreativitas diperlukan. Jadilah diri sendiri dengan menjalani apa yang paling kamu sukai, lalu perbanyak konten Instagram-mu dengan apa yang kamu sukai tersebut. Konten Instagram ini tak boleh asal banyak saja, namun juga harus dibarengi dengan keunikan serta apa yang akan dilihat orang sebagai hal yang ‘beda’ dari akun lain.

2. Sinkronisasi Instagram dengan Sosial Media Lainnya

Kalau saja Instagram bukan menjadi media sosial pertamamu, kamu dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan akun Instagram-mu di media sosial lain, bisa saja di media sosial lain kamu memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak sehingga kesempatan mendapatkan followers dengan cepat lebih besar.

Keuntungan lainnya dari sinkronisasi media sosial ini adalah berkurangnya beban untuk memasang post di masing-masing media kamu bisa menggunakan postingan yang sama ke berbagai akun media sosial milikmu. Pengguna media sosial lain bisa mengunjungi akun Instagram Kamu dengan lebih mudah sehingga bisa meningkatkan traffic akun dan juga mendapatkan followers dan likes yang lebih banyak.

3. Gunakan Hashtag yang Sesuai dan Populer

Menggunakan hashtag di setiap postingan Instagram adalah cara untuk meningkatkan followers instagram.  Dengan menggunakan hashtag yang sesuai dan populer akan membantu postingan kamu akan dilihat oleh pengguna lain yang belum menjadi followers-mu dan kamu bisa meningkatkan followers Instagram kamu.

Sebeneranya tidak hanya bisa menggunakan hashtag yang telah populer, kamu juga bisa membuat hastag sendiri yang dapat kamu gunakan untuk mendorong pengguna lain untuk membagikan foto yang berkaitan dengan brand kamu. Dalam membuat hashtag untuk brand-mu sendiri perlu dilakukan dengan hati-hati. Buatlah hastag yang jelas, mudah dimengerti, dan pastinya berkaitan dengan brand/bisnismu.

4. Buat Instagram Menarik Secara Visual

Instagram sendiri merupakan aplikasi yang didesain untuk menarik perhatian secara visual. Tentunya pengguna harus pintar menentukan gaya visual yang mampu menarik perhatian dan bisa menjadi salah satu identitas brand kamu.

Selain produk, kamu bisa memposting gambar-gambar yang bisa menyentuh emosi pengguna lain. Foto-foto ini bisa kamu beri caption motivasi, pertanyaan sehari-hari, atau dikaitkan dengan bisnis kamu.

Penggunaan filter yang konsisten, atau penggunaan tema warna foto menjadi ciri khas yang membuat akun kamu mudah diingat. Pastikan foto yang kamu posting adalah foto yang berkualitas dan menarik untuk dilihat. Tidak ada yang ingin menjadi followers kamu jika akun kamu memiliki terlalu banyak foto yang tidak berguna atau tidak menarik.

5. Adakan Giveaway yang Menarik

Giveaway merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam menarik perhatian. Siapa yang tidak suka mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma? Dengan mengadakan giveaway, kamu bisa meningkatkan jumlah followers, likes, traffic ke situs kamu, dan bahkan bisa membantu penjualan produk.

Gunakan syarat yang mudah seperti follow Instagram-mu, memberikan like atau komentar di salah satu foto kamu, atau menggunakan hashtag yang spesifik. Kamu bisa mempromosikan giveaway ini ke media sosial lainnya dan meminta followers kamu untuk tag temannya sehingga jumlah  followers kamu semakin bertambah.

Baca Juga: LIMA TIPS & TRIK POSTING DI INSTAGRAM SEMAKIN MANTAP!

6. Bekerja Sama dengan Influencer atau Brand Lain

Jika kamu mengetahui tentang endorsement, ini adalah cara promosi yang dinilai cukup signifikan dalam meningkatkan jumlah followers. Kamu bisa memilih influencer yang sesuai atau dapat mewakili brand kamu. Tidak hanya menampilkan foto mereka dengan produkmu, tapi kamu juga bisa meminta mereka untuk mengambil alih akun kamu untuk sebentar merubah rutinitas Instagram kamu agar followers tidak bosan.

Selain dengan influencer kamu juga bisa memanfaatkan cara lain yaitu bekerja sama dengan brand lain yang pasti bukan kompetitor kamu, ini juga dapat membantu menaikkan jumlah follower dalam target pasar yang sama.

7. Jadikan Followers Merasa Terlibat

Followers yang merasa terlibat dengan akun kamu akan lebih mungkin untuk menjadi followers setia yang juga membantu mempromosikan akun kamu. Membangun komunitas followers yang merasa terlibat jauh lebih baik dibandingkan dengan memiliki banyak followers yang tidak tertarik dengan produk atau akun kamu.

Keterlibatan dengan followers ini bisa dimulai dengan membalas komentar yang diberikan dengan ramah, menggunakan caption yang mengajak followers untuk terlibat. Kamu juga bisa menanyakan sesuatu kepada pengguna baik pertanyaan sehari-hari maupun sesuatu yang terkait dengan produk kamu.

8. Bangun Interaksi dengan Audiens

Kamu harus membangun interaksi dengan audiens. Kamu dapat secara manual mengunjungi akun yang sesuai dengan niche mu, lalu memberikan like dan komentar. Dan lagi, kamu juga tidak boleh segan untuk mengikuti akun-akun yang sepertinya memiliki ketertarikan dengan  produkmu. Lakukan cara ini setiap hari selama setidaknya tiga bulan. Kalau tidak ada waktu, kamu dapat memanfaatkan software yang bisa membantu kamu melakukan interaksi dengan audiens.

Jika ingin menggunakan Instagram sebagai salah satu alat promosi, tentu membutuhkan kreatifitas dan kerja keras untuk menambah jumlah followers. Apabila media sosial ini digunakan dengan strategi yang benar, Instagram bisa menjadi wadah iklan visual yang sangat potensial untuk produk dan brand kamu yang dapat membantu meningkatkan penjualan.