Cara Membuat Report & Membaca Insight Instagram
Membaca insight instagram itu penting. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Instagram dibanding media sosial lainnya adalah adanya fasilitas Insight yang diberikan untuk memudahkan pengguna Instagram untuk mengetahui performa akun yang yang ia buat. Dengan Insight, kita akan mengetahui lebih lanjut karakteristik follower, efektifitas konten yang dibuat, serta dampak dari campaign yang kita lakukan di Instagram. Setelah itu, kamu bisa menentukan langkah-langkah apa yang akan diambil untuk meningkatkan kualitas akun. Sehingga kamu harus dapat Cara Membuat Report & Membaca Insight Instagram.
Meskipun dipermudah, sayangnya, masih banyak pengguna Instagram yang menganggap remeh keberadaan Insight. Padahal, Insight Instagram memberikan kita informasi serta data yang mendetail sehingga kamu bisa melakukan evaluasi kinerja akun Instagram. Oleh karena itu, kami akan coba mengulas bagaimana cara kita untuk memanfaatkan Insight Instagram agar lebih bermanfaat.
Lalu apa sih Insight itu? Insight adalah data-data yang memberikan kita informasi tentang suatu tindakan. Dalam konteks yang terkandung di artikel ini, Insight yang kita bahas adalah data-data yang diberikan oleh Instagram yang berhubungan dengan aktivitas akun kita di Instagram.
BAGAIMANA AGAR AKUN KAMU BISA MELIHAT INSIGHT?
Tidak semua akun bisa menggunakan fitur Insight. Ada beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh Instagram agar akun kamu bisa mengunakan Insight. Syarat utamnya adalah akun kamu harus menggunakan business profile.
Kalau kamu menggunakan business profile, ada beberapa perubahan yang akan terjadi. Mulai dari tampilan, interface dan lain sebagainya. Profile ini sungguh cocok bagi akun yang memang digunakan untuk berbisnis, sehingga kamu sangat disarankan untuk menggunakannya.
Untuk bisa mengaktifkan business profile, kamu cukup pergi ke halaman option dan pilih switch to business profile. Nanti anda akan diminta mengisi sejumlah data dan login menggunakan facebook page bisnis kamu. Mudah kan!
BACA JUGA: Meningkatkan profit penjualan melalui InstagramĀ
APASIH MANFAAT DARI INSIGHT?
Ketika kamu berbisnis, data (insight) itu seperti kompas yang menentukan arah bisnis. Dengan adanya insight ini, kita bisa melakukan analisa, evaluasi, juga perencanaan yang lebih baik selanjutnya. Fitur ini sudah disediakan Instagram secara gratis dan sangat disayangkan bila tidak digunakan.
1. Mengetahui Karakteristik Followers
Kalau kamu berbisnis, mengetahui karakteristik followers adalah hal yang begitu penting. Dengan mengetahui karakteristik followers, kamu bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dijual, konten seperti apa yang mereka sukai, dan bagaimana strategi pemasaran yang memang tepat. Akan ada perbedaan perlakuan antara akun yang didominasi oleh perempuan, dan didominasi oleh laki-laki.
2. Evaluasi Terhadap Strategi
Insight Instagram, secara keselurhan memang sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi terhadap strategi yang digunakan. Bahkan, kita bisa melakukan pengukuran secara mingguan ataupun bulanan. Dengan begitu kamu dapat melihat perkembangan dari performa akun yang kamu kelola.
3. Mengetahui Efektifitas Konten
Tidak semua konten yang kamu buat bisa disukai oleh followers lho. Adanya perbedaan karakteristik membuat tidak semua konten efektif dan disukai. Yang pasti, kita butuh gambaran konten apa-apa saja yang disukai followers. Instagram memberikan Insight yang detail sehingga kita bisa mengambil kesimpulan terkait konten yang kita kelola.
INSIGHT INSTAGRAM YANG PERLU KAMU KETAHUI
1. Demografi Followers
Insight Instagram menyediakan informasi tentang demografi followers kamu. Mulai dari jenis kelamin, usia, bahkan domisili. Data yang ditampilkan sudah lengkap, sehingga banyak hal menarik yang bisa kita simpulkan untuk kemajuan bisnis kita. Ditambah lagi, dengan waktu aktif followers sehingga kita bisa menentukan kapan waktu posting yang baik untuk Instagram kita.
2. Performa Akun
Selain demografi, Insight Instagram juga menampilkan performa akun selama satu minggu terakhir. Disana menyediakan impression, reach, profile views, total konten, pertumbuhan followers, dan juga website click. Berikut adalah maksud dari istilah-istilah yang ada di Instagram Insight.
Impressions merupakan jumlah dari keseluruhan orang yang pernah melihat konten yang kita kirimkan. Angka impressions ini bisa saja berjumlah ganda, kalau seseorang melihat konten kita yang sama secara berkali-kali.
Reach merupakan jumlah dari keseluruhan pengguna yang melihat konten yang kita tampilkan, bedanya dengan impressions adalah jumlahnya unik. Setiap konten dilihat, hanya dihitung 1 pengunjung sehingga nilainya kecil dibandingkan impression.
Profile views merupakan jumlah dari orang-orang yang melihat profile Instagram kita dan melihat akun secara keseluruhan, bukan hanya konten kamu saja.
Website clicks adalah jumlah klik dari link website yang kita pasang pada halaman profil.
3. Efektifitas Konten
Instagram juga memberikan kita laporan mengenai efektivitas konten yang kita kirimkan, sehingga sangat membantu kita dalam proses optimasi. Kita bisa mendapatkan data yang detail hingga aktivitas seperti likes, comment, dan juga saved. Bisa juga dibagi antara foto, video, dan carousel post. Rentang waktu data yang ditampilkan pun mencapai 2 tahun terakhir.
Bila melihat ke halaman profil, kamu bisa menemukan Insight di setiap postingan sehingga kamu tahu mengenai kualitas dari konten yang digunakan. Bagian ini sangatlah menarik karena ada banyak sekali analisa yang bisa kamu lakukan. Ada total dari likes, comments, saved, impressions, reach, dan engagement. Berikut penjelasan dari istilah di atas :
Saved merupakan jumlah dari pengguna yang menyimpan konten dari akun kamu ke halaman pribadi mereka.
Engagements adalah jumlah dari pengguna yang menyukai, memberi komentar, serta menyimpan konten tersebut. Bisa juga dikatakan bahwa engagement merupakan jumlah dari pengguna yang tertarik dengan konten yang kita tampilkan.
Selain itu, kita juga diberikan data tentang Instastory yang digunakan sehingga keseluruhan konten Instagram memiliki report performa yang memang sudah sangat detail. Bukan hanya reach, instastory insight juga menawarkan pilihan untuk melihat data dengan beberapa pilihan yang sangat detail.
Nah, seperti itulah manfaat insight instagram yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Selamat mencoba!
Pingback: Cara Membuat 4 Pilar Konten Instagram yang Harus Kamu Tahu