Posting di Instagram

Lima Tips & Trik Posting di Instagram Semakin mantap!

5 Tips & Trik Posting di Instagram

Posting di Instagram memang tidak sulit. Ini dia lima tips dan trik posting di Instagram! Sejak kemunculannya di tahun 2010 lalu, Instagram membuat banyak perubahan di dunia maya, terutama di media sosial. Pengguna media sosial seakan memiliki cara yang baru untuk mengungkapkan isi hati mereka, yakni dengan gambar. Sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014, Instagram mengalami kenaikan jumlah pengguna yang cukup fantastis. Hingga kini, ada sekitar 300 juta akun yang terdaftar di media sosial ini.

Sebagai imbas dari kenaikan yang cukup signifikan ini, banyak brand yang mulai menggunakan Instagram sebagai sarana branding. Hal tersebut bukanlah suatu yang mustahil mengingat setengah dari pengguna Instagram bahkan rata-rata menghabiskan sekitar 21 menit hanya untuk melihat update terbaru dalam aplikasi ini. Temuan ini juga yang mendasari brand–brand papan atas untuk ikut menyemarakkan penggunaan Instagram sebagai sarana branding produk mereka.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memahami bagaimana cara posting Instagram untuk memperkenalkan brand mereka. Akibatnya, banyak dari mereka yang melakukan kesalahan saat posting di Instagram. Namun jangan khawatir, kami akan memberikan tips dan trik bagaimana melakukan posting Instagram yang benar.

1. Milikilah Tujuan yang Pasti

Instagram memberikan sebuah brand kesempatan untuk memperkenalkan diri melalui foto maupun video. Media sosial ini sangat cocok untuk menunjukkan bagaimana produk kamu digunakan dalam kehidupan nyata, bahkan kamu dapat menjawab atau menjelaskan pertanyaan dari audience/ followers kamu. Karena itu, sangatlah penting untuk kamu dan bisnis kamu untuk mengetahui dengan jelas mengapa kamu menggunakan media sosial ini dan juga strategi yang akan kamu terapkan. Jika kamu kehilangan arah dan tidak fokus pada kedua hal ini, maka usaha branding yang kamu lakukan akan useless alias sia-sia.

2. Berikan Kualitas Konten yang Sangat Baik

Setelah kamu memiliki strategi yang akan kamu lakukan, kualitas konten kamu juga harus benar-benar di perhatikan. Konten tidak bisa dikesampingkan karena memiliki peranan yang sangat vital pada Instagram, lihat saja bagaimana Instagram bekerja. Konten yang berkualitas akan memiliki kemampuan untuk menarik perhatian pengguna Instagram untuk menghentikan scroll-nya pada postingan kamu.

Inilah alasan kamu harus fokus dengan kualitas konten yang akan kamu posting di Instagram. Semakin berkualitas konten yang kamu posting, jangan heran apabila akan semakin banyak orang yang tertarik dengan akun dan konten kamu.

Baca Juga: 7 HAL PENTING KONTEN INSTAGRAM YANG HARUS KAMU KETAHUI!

3. Gunakan Hashtag yang Benar

Banyak kesalahan yang sering di lakukan dalam memposting salah satunya dalam penggunaan hastag misalnya terlalu sedikit dalam menggunakannya, tidak relevan, bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Sama seperti media sosial lainnya, hashtag berperan penting dalam “penjelajahan” hal terkait. Brand yang kurang terkenal sekalipun dapat membangun momentum branding mereka menggunakan hashtag. Ingat, semakin banyak Kamu menggunakan hashtag dalam konten Kamu, maka semakin banyak pengguna yang berinteraksi dengan konten tersebut.

Tapi kembali lagi penggunaan hashtag tanpa dibarengi dengan kualitas konten juga akan percuma, dan satu hal lagi pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan konten yang akan diberikan.

4. Konsisten Dalam Mem-posting Konten

Tidak perlu terlalu ekstrim ketika mem-posting konten kamu, yang terpenting adalah konsisten. Jika kamu hanya bisa mem-posting sekitar 3/5 konten sehari misalnya, penting untuk kamu tetap mempertahankan jumlah postingan itu dalam sehari sampai kapan pun. Apabila kamu kurang konsisten dalam mem-posting konten kamu harus siap dengan resiko kehilangan atau penurunan jumlah followers pada akun Instagram-mu.

Tapi kamu juga tidak boleh mengorbankan kualitas kontenmu demi mencapai target posting dalam sehari. Oleh karena itu tentukan dulu jumlah konten yang akan kamu berikan dalam sehari di sesuaikan dengan kemampuan kamu.

Ingat terlalu sedikit jumlah konten yang di berikan dalam sehari akan membuat akun kamu terlihat pasif, dan terlalu banyak akan membuat seperti spamming.

5. Gunakan Waktu Terbaik Untuk Posting di Instagram

Melakukan postingan menggunakan media sosial Instagram , tidak dilakukan secara sembarangan di waktu yang tidak tepat atau potensial. Dikarenakan hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang maksimal, postingan kamu akan dilihat oleh followers kamu. Ada waktu atau moment tertentu yang di klaim sebagai waktu terbaik untuk melakukan posting di Instagram. Sama halnya dengan media sosial lain seperti facebook dan twitter, terdapat waktu-waktu tertentu dimana memiliki nilai puncak kunjungan yang tinggi.

Hal ini menjadikan moment tersebut adalah timing terbaik untuk melakukan posting di Instagram, terutama untuk kamu yang menjalankan bisnis online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *