Bisnis Instagram Terbaik! Ini Dia Enam Tips Bangun Kerajaan Bisnis Instagram versi Kamu Sendiri
Bisnis Instagram memang sedang menjamur. Bukan hal yang asing lagi mendengar tentang Instagram. Platform satu ini memiliki sejuta manfaat untuk masyarakat dalam melihat dunia lebih luas. Dengan sosial media, aktivitas kita sehari-hari jauh lebih mudah dan cepat. Tidak terkecuali untuk para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik andlebih menunjang. Instagram memberikan strategi termudah dan tercepat sehingga mampu mengontrol akun penggunanya dalam mengelola berbagai aktivitas media sosialnya, baik untuk mengobrol, mengedukasi, menginformasikan, ataupun sebagai bagian dari hiburan. Saat ini sosial media semakin memperluas fungsinya sebagai tempat untuk ajang promosi bisnis.
Dengan fitur yang dimiliki Instagram mampu dimanfaatkan oleh pebisnis dalam membuat sebuah strategi promosi ataupun strategi bisnis tanpa menggunakan biaya yang membengkak. Instagram banyak digunakan masyarakat, sehingga secara tidak langsung bisnis yang kamu kenalkan di Instagram mampu menjangkau target market yang ingin dituju. Meskipun bersifat bebas, Instagaram yang digunakan untuk bisnis juga tentunya harus tetap diperhatikan. Agar nantinya mampu menjadikan bisnis yang mumpuni di masa depan.
Selain Bisnis Instagram, berapa banyak platform sosial media yang kamu gunakan sebagai ajang promosi bisnis?
Perlu diketahui juga, untuk bisa memulai bisnis di sosial media, tentunya harus mengenal sosial media mana yang cocok dengan bisnis yang ditawarkan. Serta apakah target audiens yang disasar menggunakan akun sosial media yang kamu gunakan. Bukan hanya berbicara tetang banyaknya akun sosial media yang dimiliki, tapi akun sosial media mana yang memiliki engage bagus untuk digunakan. Engage disini dalam artian jumlah interaksi yang bisa dilakukan oleh akun pebisnis dan audiens pada setiap aktivitas akun.
Membangun sebuah akun instagram bisnis yang diinginkan ibaratnya sama seperti membangun sebuah Kerajaan. Memiliki masyarakat dan batas wilayah, instagram bisnis juga memiliki bisnis yang ditawarkan dan audiens yang ingin dituju. Keduanya akan mampu berdiri kokoh jika pondasi yang kuat. Jadi penting untuk kamu pahami bagaimana cara membangun ‘Kerajaan’ yang kamu inginkan.
Simak beberapa tips dibawah ini untuk bisa membangun ‘Kerajaan’ bisnis kamu untuk menunjang bisnis kamu di masa mendatang.
1. Kenali siapa target Audience bisnis Instagram Kamu
Mengklasifikasikan siapa target kamu adalah penting, memahami dengan siapa kamu berbicara itu penting. Tidak mungkin kamu ingin menjual Jas kepada tukang becak kan? Pastikan target audiens-mu bisa dikategorikan dengan baik. Mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, kebiasaan dan sebagainya. Menentukan taarget audiens juga akan membantu untuk menerapkan gaya bahasa yang tepat dalam melakukan promosi bisnismu
2. Menentukan sosial media yang digunakan
Saat ini, sosial media yang paling banyak digunakan adalah instagram. Fitur yang dimiliki instagam mampu memikat penggunanya dari anak-anak hingga dewasa. Jangkauan yang lebih luas juga menjadikan Instagram terlihat lebih loyal dan friendly untuk digunakan. Keunggulan Instagram dalam mengelola akun bisnis tidak dipungkiri dapat memberikan akses mudah bagi pebisnis untuk mengelola strategi bisnis di sosial media. Hampir semua akun bisnis dalam berbagai bidang dapat dipromosikan melalui Instagram. Karena saking lengkapnya fitur Foto dan Video bahkan Story yang dimiliki oleh Instagram. Kalian bisa memulai menganalisa penggunaan Instagram untuk akun bisnis pemula kamu ya.
3. Memilih Konten yang dibutuhkan
Dari fitur sosial media Instagram, biasanya konten memiliki pengaruh yang cukup besar. Konten ini bukan hanya berisi tentang promosi jualan yang ditawarkan, but juga berbagai konteks informasi, edukasi, hiburan atau lainnya yang bisa menaikkan rate akun bisnis kamu. But, kamu harus ingat juga bahwa untuk bisa menentukan konten yang tepat juga bukan hanya asal konten, yaitu konten yang masih memiliki hubungan erat dengan akun bisnis kamu. Dari konten tersebut, buatlah tampilan yang menarik untuk akun sosial media kamu agar audiens tertarik melihat dan berkunjung lebih lama.
4. Menentukan strategi dan visual konten yang tepat
Hal ini masih berhubungan dengan konten pada Instagram akun pebisnis yang dikelola. Strategi dan visual konten ini akan mampu menggambarkan tone seperti apa yang sesuai dengan bisnis kamu. Ini juga akan meningkatkan rasa ketertarikan audiens untuk berkunjung. So, dengan banyaknya fitur di Instagram bisa membantu kamu lebih mudah menemukan strategi yang tepat.
5. Manfaatkan fitur Share
Fitur share ini sudah terdapat diberbagai platform sosial media, tak terkecuali Instagram. Hal ini akan membantu Instagram kamu makin dikenal. Rajin sharing akan membuat akun instagram kamu berkembang dan tetap terlihat hidup. So, pastikan ya, konten apapun yang kamu share itu bermanfaat untuk orang lain.
6. Gunakan Ads pada Instagram
Saat ini instagram ads sudah banyak digunakan pebisnis untuk meningkatkan penjualannya. Melalui fitur ini, bukan hanya bisa menjangkau audiens tapi juga bisa menjadikan bisnis kamu dilihat banyak orang. Dengan penggunaan Ads tentunya akan mampu membangun bisnis terbaik di masa depan. So, jangan ragu lagi dengan keunggulan sosial media ads untuk akun bisnis kamu.