7 Hal Penting Konten Instagram yang Harus Kamu Ketahui!

7 Hal Penting Konten Instagram yang Harus Kamu Ketahui!

Hal penting dari konten di Instagram. Saat ini, pebisnis pada umumnya menyadari pentingnya peranan sosial media khususnya Instagram. Selain untuk berbisnis Instagram pun kerap menjadi platform sosial media yang membuat banyak orang kecanduan. Sebelum membahas pentingnya membuat sebuah konten di Instagram, kamu perlu ketahui dulu apa saja kelebihan yang bisa kamu manfaatkan saat ingin memanfaatkan platform sosial media ini.

Dunia yang ringkas dan memuaskan secara visual, kelebihan Instagram terletak pada kemampuannya untuk membuat seluruh penggunanya merasa seakan-akan mereka berada di dalam foto-foto yang mereka lihat.

Kita berada Di era di mana kebanyakan orang rentan untuk memiliki kemampuan berkonsentrasi yang lebih pendek, para pemilik bisnis diharuskan untuk tidak hanya memiliki selera yang bagus tetapi juga kemampuan untuk menciptakan konten-konten yang menarik. Kehadiran Instagram seperti menciptakan magnet di mana setiap foto harus terlihat baik, video tidak boleh terlalu lama, dan caption harus ditulis sesingkat mungkin agar ketika kita menyiapkan materi-materi untuk marketing, kita pikirkan tentang bagaimana materi tersebut sesuai di Instagram.

Lalu apa hal penting dari konten Instagram? Jika kamu pebisnis wajib hukumnya untuk memberikan konten yang menarik pada audience-mu dalam hal ini di Instagram adalah followers-mu, memberikan konten yang menarik akan memberikan loyalitas kepada brand-mu mereka akan menunggu setiap konten yang akan kamu berikan.

Jika kamu sudah tau pentingya sebuah konten di Instagram, mulai muncul pertanyaan lain “bagaimana cara membuat konten yang menarik di Instagram?” Membuat sebuah konten yang menarik di Instagram tidaklah sulit, kami akan memberikan tips mudah untuk kamu dapat menciptakan sebuah konten yang tidak hanya baik tapi juga dapat menarik followers-mu untuk melihatnya. Ini dia Hal Penting dari Konten Instagram!

1. Pastikan konten yang kamu berikan mengundang untuk dibaca

Konten berupa text pada Instagram akan menunjukkan identitas dari sebuah merek. Dimana bukan hanya membuat orang tahu apa yang kamu jual, tapi juga bisa menghibur pengguna dan meminta pengguna untuk ikut bertindak. Instagram memberikan batas untuk setiap caption yang ingin kamu buat. Tapi tenang saja ini sudah lebih dari cukup besar.

2. 200 Karakter, termasuk emoji dan 30 Hashtag

Meski begitu, ini bukan berarti captionmu bisa dalam bentuk esai ya? Dimana hampir semua text dan dipenuhi dengan hashtag. Tentu saja ini sangat mengganggu. Caption yang kamu buat harus benar-benar membuat follower-mu tertarik untuk membacanya. Termasuk mudah untuk dipahami, dan mereka tahu apa maksud dari CTA yang kamu berikan.

3. Gunakan gambar yang berkualitas baik

Saat kamu akan memproduksi foto untuk Instagram, pastikan kamu menggunakan camera DSLR, pocket camera atau camera phone dengan kualitas baik. Tak bisa dipungkiri, selain sense of art, gears (camera) juga memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto terbaik. Jangan lupa sentuhan akhir agar fotomu terlihat menarik lakukanlah editing untuk menjadikannya lebih eye catching.

Baca Juga: EMPAT HAL FATAL INI JADI PENYEBAB GAGAL BISNIS INSTAGRAM

4. Berceritalah

Storytelling is a powerful tool in all marketing! Ya, storytelling merupakan salah satu strategi digital marketing yang sedang trend beberapa tahun terakhir. Lalu, bagaimana memulai strategi storytelling di Instagram? Mulailah dengan berpikir bagaimana kamu mengemas konten visual di Instagram dengan strategi bercerita. Buat satu main communiaction message yang ingin kamu angkat,

5. Terlibatlah dengan Followers-mu

Engagement dapat mengindikasikan apakah konten kamu menarik bagi audiens atau tidak. Untuk meningkatkan engagement tentunya kembali bermuara pada konten. Buatlah konten yang sesuai dengan audiens dengan memenuhi unsur kreatif, menarik, menghibur, informatif, menginspirasi, memotivasi atau bahkan menyentuh sisi emosional. Ingat, meskipun tujuan kamu adalah bisnis, jangan terlalu sering melakukan promo atau hard selling di Instagram. Persentase kuantitas konten promo di media sosial adalah 20% dari total konten. Setelah itu, pastikan kamu melakukan respons komentar atau pesan dengan baik.

6. Manfaatkan Hashtag

Agar foto kamu mampu menjangkau audiens yang lebih luas atau semakin banyak yang melihat konten Instagram-mu, manfaatkanlah fitur hashtag saat mengunggah foto di Instagram. Hashtag selain dapat meningkatkan like, juga berpotensi mendatangkan followers baru. Hal terpenting saat menggunakan hashtag adalah pemilihan hashtag yang populer, namun harus relevan dengan konten yang kamu unggah.  Terkadang, #hashtag yang tidak relevan dapat membuat followers kecewa, yang pada akhirnya mereka akan unfollow akun Instagram kamu.

7. Rencanakan Penjadwalan dan Buat Editorial Plan

Last but not least, buatlah editorial plan untuk konten instagram kamu. Fungsi editorial plan ini selain kamu bisa membuat topik mingguan atau bulanan, kalender atau waktu posting dan lainnya. Editorial plan juga akan menjaga konsistensi kuantitas dan kualitas posting konten kamu. Untuk melakukan posting otomatis, kamu dapat memanfaatkan aplikasi scheduling.

Ingat konten yang bagus dan menarik akan selalu diingat (memorable), tidak hanya menghibur kamu selama 2 menit dan lalu menghilang dari pikiran.

Selamat membuat konten yang MENARIK!